Mengenai Saya

Foto saya
gak bnyk hal yg bs di banggakan dr sy .. tp sy akan selalu berusaha memberi yg terbaik dr kekurangan diri ini .. (^_^)

Selasa, 01 Desember 2009

DAERAH-DAERAH KEBUDAYAAN DI AMERIKA UTARA_Shinta

Menurut Clark Wissler di Amerika Utara ada 10 daerah kebudayaan yaitu :


1. Daerah Kebudayaan Eskimo
Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa pemburu binatang laut, di pantai utara dan barat laut Kanada, seperti Bafinland, Greenland dan lain-lain, yang telah mengadaptasikan diri terhadap kehidupan di daerah-daerah sebelah utara garis pohon dan di dalam suatu sekitaran alam yang amat dingin dengan banyak es dan salju keras. Contoh-contoh suku bangsa dari daerah ini adalah Eskimo Nunivakmiut di Alaska, Eskimo


2. Daerah Kebudayaan Yukon-Mackenzie
Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa pemburu binatang hutan koniferus di Kanada Barat Laut, seperti beruang atau binatang-binatang berburu yang lebih kecil.


3. Daerah Kebudayaan Pantai Barat-Laut
Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun yang hidup di desa-desa di tepi pantai barat laut kanada
Ciri-ciri yang menyolok dalam kebudayaannya adalah upacara-upacara totemisme dengan suatu seni patung kayu yang berkembang.
Contoh-contoh suku bangsa dari daerah ini adalah Tlingit, Haida dan Kwakiutl


4. Daerah Kebudayaan Daratan Tinggi
Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun yang tersebar di daerah-daerah / hidup di desa-desa dalam rumah-rumah setengah di bawah tanah dalam musim dingin.


5. Daerah Kebudayaan Plains
Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun yang sampai kira-kira akhir abad ke-19 tersebar di daerah-daerah stepa-stepa mahaluas, yaitu di daerah plains.


6. Daerah Kebudayaan Hutan Timur
Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun yang tersebar di daerah-daerah sekitar bagian timur laut.
Suku-suku bangsa itu umumnya hidup dalam desa-desa dengan rumah-rumah panjang yang terbuat dari kulit pohon untuk musim panas, dan rumah-rumah setengah bola.
Contoh suku bangsa dari daerah ini adalah Winnebago, Huron, Iroguois.


7. Daerah Kebudayaan Dataran Kalifornia
( California Great Basin ) Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun yang hidup dari berburu dan mengumpulkan biji-bijian.
Contoh suku bangsa dari daerah ini adalah Miwok, Washo, Ute.


8. Daerah Kebudayaan Baratdaya
Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa bermasyarakat rumpun yang tersebar di daerah gurun dan setengah gurun dan yang hidup dari pertanian intensif di lembaga-lembaga sungai.
Contoh dari suku-suku bangsa daerah ini adalah Apache, Navaho, Zuni Pueblo, Hopi Pueblo, Santa Clara Pueblo


9. Daerah Kebudayaan Tenggara
Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa yang hidup dari bercocok tanam intensif dengan cangkul dan menanam jagung labu-labuan dan tembakau sebagai tanaman pokok.
Contoh dari suku-suku bangsa di daerah ini adalah Cherokee, Seminole, Choctow.


10. Daerah Kebudayaan Meksiko
Yang meliputi kebudayaan-kebudayaan suku-suku bangsa bermasyarakat rakyat pedesaan yang berorientasi terhadap suatu peradaban kota yang banyak terpengaruh oleh kebudayaan Spanyol dan agama katolik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar