Mengenai Saya

Foto saya
gak bnyk hal yg bs di banggakan dr sy .. tp sy akan selalu berusaha memberi yg terbaik dr kekurangan diri ini .. (^_^)

Selasa, 01 Desember 2009

PENGERTIAN KEBUDAYAAN MENURUT PARA AHLI _ Shinta

Ø E.B. TYLOR, 18717
Kebudayaan adalah kompleks yang mencangkup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, dan kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.


Ø SELO SOEMARDJAN dan SOELAEMAN SOEMARDI
( dalam bukunya : Setangkai Bunga Sosiologi )
Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat yang akan menjadi sebuah pacuan bagi kehidupan bermasyarakat guna mencapai kehidupan yang sejahtera.


Ø C. KLUCHON dan W.H. KELLY
( dalam bukunya : Culture Acritical Review Concept & Definition )
Kebudayaan adalah hasil tanya jawab dengan ahli antropologi, ahli hukum, ahli psikologi, dan ahli sejarah yang eksplisit, implicit, rasional, irasional yang terdapat pada setiap waktu, sebagai pedoman yang potensial bagi tingkah laku manusia.


Ø SOERJONO SOEKANTO
Kebudayaan adalah sesuatu yang mencangkup semua yang didapat atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perilaku yang normative, yaitu mencangkup segala cara atau pola berfikir, merasakan, dan bertindak.


Ø KOENTJARANINGRAT
( dalam bukunya : Pengantar Ilmu Antropologi )
Kebudayaan adalah keseluruhan dari kelakuan dan hasil kelakuan manusia yang teratur oleh tata kelakuan yang harus didapatkannya dengan cara belajar dan semua tersusun dalam kehidupan masyarakat. Kebudayaan yang terdapat dan berkembang di masyarakat paling sedikit terdiri atas 3 wujud yaitu wujud ideal, tata kelakuan dan kebudayaan fisik.


Ø WILLIAM A. HAVILAND
Kebudayaan adalah seperangkat peraturan atau norma yang dimiliki bersama oleh anggota masyarakat yang kalau dilaksanakan oleh anggotanya, akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat diterima.


Ø M.J. HERSKOVITS dan MALINOWSKI
Kebudayaan adalah `bagian dari kebutuhan hidup yang diciptakan oleh manusia sebagai sesuatu yang superorganic, sebab meskipun sesuatu telah punah, kebudayaan selalu hidup turun-menurun dari generasi ke generasi.


Ø LINTON
Kebudayaan adalah keseluruhan pengetahuan sikap dan pola perilaku yang merupakan kebiasaan yang dimiliki dan diwariskan oleh suatu anggota masyarakat tertentu.


Ø K.H. DEWANTARA
Kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat sebagai hasil dari suatu hasrat nalurinya dalam mengatasi segala pengaruh alam lingkungannya.


Ø KRUBBER
Kebudayaan adalah keseluruhan realita gerak, kebiasaan, tata cara, gagasan, dan nilai-nilai yang dipelajari dan diwariskan, serta perilaku yang ditimbulkannya.


Ø FUAD HASSAN, 1998
Kebudayaan adalah suatu kerangka acuan bagi perikehidupan suatu masyarakat yang sekaligus untuk mengukuhkan jati diri sebagai kebersamaan yang berciri khas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar